Rabu, 29 Juni 2011

Menjadi Diri Sendiri itu Baik

Tulisan ini terinspirasi dari obrolan dengan seorang dosen Fakultas Farmasi Unika Widya Mandala beberapa saat lalu.

"Aku iki yo koyo ngene iki. Onoku yo koyo ngene iki. Nek gelem karo aku yo ayo, nek ora gelem yo wis, ra sah maido"

Kalimat ini yang saya ucapkan ketika ngobrol dengan kolega saya yang seorang dosen. Ketika itu sedang ngobrol mengenai masalah prinsip hidup dalam pertemanan. Lebih kurang artinya :

"Aku ini ya seperti ini. seperti ini adanya. Kalau mau dengan aku, ya mari. Kalau tidak mau ya sudah, dan jangan dicibir/dicela/dicerca"

Sebenarnya maknanya lebih banyak mengajak menjadi diri sendiri. Bahwa menjadi diri sendiri itu sangat lebih enak, terutama dalam berbagai hal. Banyak orang yang tiba-tiba merubah diri hanya karena suatu hal. Terutama terbesar dalam masalah berteman dan dalam mencari pacar atau pasangan hidup. Tapi, percayalah bahwa jika kalian benar-benar menjadi diri kalian sendiri dan tidak terpengaruh oleh apapun, kalian tetap memegang idealisme kalian sendiri, kalian tetap menjadi diri sendiri yang hakiki, maka teman yang mau menerima kalian adalah benar-benar teman sejati. Dan pasangan hidup yang mau menerima kalian adalah pasangan hidup yang juga benar-benar sejati, karena mau menerima kalian apa adanya seperti kalian saat itu saat berada di depan matanya. Terkecuali kalau pertemanan dan hubungan cinta itu berlandaskan dengan uang. Lain lagi ceritanya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar