Minggu, 20 Februari 2011

Doa Disana Pasti Dikabulkan Lho!!???

Terkadang kita sering mendengar bahwa jika kita berdoa di tempat tertentu pasti dikabulkan. Kepercayaan yang berbau mistik ini masih kental di kalangan masyarakat menengah ke bawah dari berbagai agama apapun.
Sesungguhnya, kekuatan doa itu bukan pada kesan mistik yang ditimbulkan dari tempat dimana kita berdoa tersebut. Kekuatan doa terletak pada kekuatan hati dan kemampuan untuk menerima kehendak Tuhan. Apa maksudnya? Kekuatan hati sendiri adalah kekuatan yang muncul dari dalam hati. Kekuatan tersebut adalah kekuatan yang membuat diri kita berani bertindak dan berjuang sekuat tenaga. Misalnya jika kita memohon agar bisa lulus UNAS, maka kekuatan hati itu harus senantiasa muncul, yakni dengan semakin rajin belajar dan bekerja keras untuk mencapainya. Sedangkan kemampuan menerima kehendak Tuhan bisa disamaartikan dengan pasrah. Hal ini berkaitan dengan hubungan antara kita dan Tuhan. Terkadang, kita sebagai manusia sering menafikkan jalan yang sebenarnya sudah diciptakan oleh Tuhan. Kadang kita menghindar meskipun sebenarnya itu adalah jalan yang telah dipilihkan Tuhan untuk kita. Maka, sebaiknya ketika berdoa kita berserah diri seutuhnya pada-Nya dan yakinkan diri bahwa Tuhan tidak akan pernah terlambat dan tidak akan pernah salah memberikan kita jalan. Sejauh mana kita berusaha mengubah kodrat yang sudah diberikan Tuhan, maka kita tetap akan kembali kepada kodrat sejati yang telah diberikan Tuhan kepada kita.
Maka, kini jelaslah sudah bahwa kekuatan doa bukan tergantung pada tempat dimana kita melakukan doa. Doa bisa dilakukan dimana saja. Di Masjid, di Gereja, di Vihara, di Klenteng, di Goa Maria, Peziarahan kubur, dll. Tinggal tergantung bagaimana kita bisa pasrah seutuhnya dan berjuang sekuat tenaga menggapai tujuan itu. Doa tanpa usaha dan pasrah sama saja kosong, usaha dan pasrah tanpa doa sama saja nihil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar