Selasa, 07 Desember 2010

TEMPE MENDOAN DAN TEMPE GORENG TEPUNG

Ketika pergi ke warung gorengan, kemudian kita terkadang terjadi salah kaprah. Membeli tempe goreng tepung dan mengatakan untuk membeli tempe mendoan. Disini telah terjadi salah kaprah yang kemudian menjadi konsumsi sehari-hari penggemar gorengan.
Tempe mendoan dan tempe goreng tepung itu beda. Apa bedanya? Bukannya sama-sama tempe, sama-sama digoreng pake tepungnya? Pertama-tama, kita urut dulu asal muasalnya tempe mendoan. Tempe mendoan sendiri merupakan sebuah makanan khas dari daerah Purwokerto, Banyumas, dan sekitarnya. Bahkan, di Gombong pun ada tempat makan tempe mendoan favorit di tepi waduk Sempor. Mendoan sendiri merupakan tempe biasa yang dibuat dengan dibungkus daun pisang. Perlu diketahui, tempe yang dibungkus dengan daun pisang memiliki cita rasa yang khas. Lebih gurih dan lebih nikmat di mulut daripada yang dibungkus dengan plastik. Sehingga, pada dasarnya tempe mendoan ini memiliki bau yang khas, bau yang agak menyerupai daun sangit, dan rasanya gurih.
Lalu bedanya bagaimana? Tempe goreng tepung sendiri adalah tempe yang digoreng dengan tepung yang merupakan kombinasi dari tepung gandum, bawang putih, kemiri, garam, loncang, dan agar sedikit renyah biasanya ditambah tepung beras. Untuk tepungnya, antara tempe mendoan dan tempe goreng tepung memang sama. Yang membedakan adalah tempenya. Jika tempe goreng tepung, biasanya menggunakan tempe-tempe yang dikemas dengan plastik, dan dipotong kecil-kecil. Biasanya berukuran 6x10 cm. Kadang ada juga yang menjual dengan bentuk tempe seperti limas segiempat yang dibungkus menggunakan daun. Sedangkan tempe pada mendoan, merupakan tempe yang khas, memiliki ukuran lebih kurang 11x20 cm. Dan setiap bungkus tempe mendoan yang besar itu, digunakan untuk 1 buah tempe mendoan. Bedanya, tempe pada tempe goreng tepung memiliki dimensi yang kecil, namun sedikit tebal. Sedangkan tempe pada tempe mendoan memiliki dimensi yang besar, namun tipis sehingga sangat mudah robek.
Jadi, setelah dapat pengetahuan ini, jangan salah kaprah lagi. Kalau ke warung gorengan, bilangnya beli tempe goreng tepung. Nanti klo salah lagi, inyonge bisa muring-muring...

1 komentar:

  1. ealah,,,, baru tau sekarang bedanya mendoan sama tempe tepung.....

    BalasHapus