Senin, 13 Desember 2010

KRUPUK TENGIRI PROBOLINGGO YANG ENAK

Ketika pergi ke Probolinggo dan bertanya apa makanan khas yang bisa jadi oleh-oleh? Rata-rata orang asli akan menjawab buah-buahan khas Probolinggo (Mangga Manalagi), Tape di pertigaan Ketepeng, atau Krupuk Tengiri Probolinggo. Biasanya yang paling dianjurkan adalah Krupuk Tengiri Probolinggo.
Krupuk Tengiri Probolinggo sendiri sebenarnya berbentuk bulat bola. Warnanya kuning kecoklatan dan terkadang nampak serat-serat daging tengiri di luarnya. Dikemas dalam berbagai kemasan dan dijual dalam berbagai harga. Lalu, krupuk yang mana yang rasanya enak?
Sebagian besar tentu menjawab yang banyak tengirinya. Itu tidak salah. Cara menentukannya adalah bisa dengan melihat serat-serat yang ada di luar bola krupuk. Bila serat daging berwarna coklat semakin banyak, maka bisa dipastikan kandungan daging tengiri yang ada juga semakin banyak.
Masih ada ciri krupuk enak yang lain. Cirinya hanya bisa dirasakan dengan memakannya. Krupuk Tengiri Probolinggo yang benar-benar enak adalah yang memiliki serat halus dan kenyal. Caranya, ketika dikunyah dan kemudian menjadi bubur dalam mulut, bubur tersebut terasa halus dan kenyal. Seperti ketika memakan serat daging tengiri mentah-mentah. Ini yang benar-benar merupakan Krupuk Tengiri yang enak. Karena rata-rata krupuk tengiri yang ada itu seratnya kasar dan seperti makan tepung basah.
Setahu saya, untuk krupuk dengan serat yang sangat halus itu dijual di pasaran di Probolinggo. Punya kemasan yang sangat menarik dengan bungkus kertas coklat di bagian luarnya. Harganya memang paling mahal diantara merk krupuk lain. Tapi, rasanya memang paling Joss....
Monggo, semuanya boleh dicoba. Tinggal selera, rasa, dan karsa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar