Kamis, 18 November 2010

TOTALITAS, TOTALITAS, TOTALITAS!!!

Ketika ditanya untuk siapa kita bekerja, kebanyakan orang akan menjawab untuk organisasi atau untuk pemimpin mereka. Atau bahkan ketika ditanya untuk apa kita bekerja, jawabannya adalah untuk dibayar, supaya tenar dan eksis, atau bahkan mendapatkan SKP (sistem Kredit Prestasi).
Inilah yang melandasi kerja seseorang menjadi tidak total. Mereka bekerja berdasarkan sesuatu yang diinginkan, dan terkadang inilah yang menjadikan batu sandungan bagi kebanyakan orang Indonesia. Inilah juga yang sering menjadi sebab munculnya kata-kata,"Aku hanya digaji segitu, maka aku ya bekerjanya begini saja. Tidak usah terlalu capek laah..."
Sebenarnya, ketika kita mau ber-refleksi lebih dalam, bahwa kita bekerja bukan untuk atasan kita. Bukan juga untuk keluarga kita, apalagi untuk perut kita. Yang kita kerjakan semuanya adalah Bagi Tuhan dan Bangsaku (Pro Deo et Pro Patria). Ya, Bagi Tuhan. Kita bekerja bagi Tuhan. Kita mengelola apa yang dimiliki Tuhan yang diberikan kepada kita agar kita mengolahnya dan menghasilkan. Artinya, apa yang kita kerjakan bukanlah milik bos kita, bukan juga milik kita. Tetapi milik Tuhan.
Kemudian, yang membuat banyak orang selalu merasa kekurangan dalam pekerjaannya adalah rasa takut kehilangan benda miliknya. Inilah yang salah dan terkadang membuat orang menjadi tidak total. Segala benda milik kita, milik bos kita, adalah milik Tuhan dimana semuanya adalah titipan. Maka, tidak perlu takut jika kita harus kehilangan sesuatu hal jika itu memang kehendak dari Tuhan. Yang perlu kita lakukan adalah menggunakan aset yang diberikan Tuhan itu semaksimal mungkin sejauh kemampuan maksimal kita. Dan jika memang demikian semangat kerja yang ada, semangat tidak takut kehilangan dan semangat untuk sepenuhnya mengabdi pada Tuhan (menjadi tangan kanan Tuhan), maka niscaya Tuhan akan memberikan kecukupan dalam hidup kita sekalipun upah yang kita dapatkan sangat kecil.
Maka, mulai dari sekarang, biasakanlah bekerja lepas dari segala belenggu kepemilikan itu. Janganlah takut kehilangan benda milikmu, karena itu bukan milikmu. Dan yang terpenting, bekerjalah bagi Tuhanmu, bukan bagi bossmu maupun bagi perutmu. Pro Deo et Pro Patria!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar