Minggu, 24 Oktober 2010

Rawon Nguling

Rawon. Adalah sebuah makanan khas Jawa Timur. Tiap daerah di Jawa Timur memiliki ciri khas rasa rawon yang berbeda-beda. Rawon Ponorogo dengan Rawon Surabaya sudah memiliki rasa yang berbeda. Rawon Jawa Timur yang berada dekat dengan Jawa Tengah, biasanya memiliki cita rasa Jawa Tengah, yakni manis. Jika sudah berada di timur, maka cita rasa akan benar-benar Jawa Timur.
Berbicara soal rawon, ada satu rawon yang benar-benar nikmat dan pernah dikunjungi oleh presiden kita, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Ketika Anda bepergian dari arah Surabaya menuju ke Probolinggo dengan menggunakan mobil atau motor atau bus atau bahkan truck, Anda akan melewati Rumah Makan Rawon Nguling ini. Letaknya berada sebelum kecamatan Tongas, Probolinggo. Secara geografis, Nguling berada di wilayah Kabupaten Probolinggo. Dari barat, Anda akan menemui patung sapi sebelum jembatan Pasar Nguling. Setelah patung sapi itu lah di sebelah kiri ada Rumah Makan Rawon Nguling. Tempatnya sederhana. Tidak terlalu luas seperti rumah makan mewah pada umumnya. Pada salah satu sisi tembok terpasang foto SBY bersama dengan Ibu Ani Yudhoyono sedang menikmati rawon di rumah makan ini.
Menu khas dari rumah makan ini adalah rawon. Rasa kuahnya benar-benar terasa. Kuahnya encer, namun begitu masuk ke mulut terasa kental. Rasanya gurih dengan rempah-rempah dan kaldu sapi yang sangat terasa. Kuah berwarna kekuningan. Rawon ini akan lebih nikmat jika dimakan dengan lauk pauk yang juga disediakan rumah makan. Antara lain empal, tempe garit, perkedel, hati, dan lidah sapi. Khusus untuk tempe garitnya tidak akan ditemukan di restoran manapun karena tempenya memang tebal, namun tempe bisa renyah sampai ke bagian dalam tengah tempe dengan bumbu yang sangat meresap. Menjadi lebih nikmat lagi jika rawon dimakan bersama minuman susu hangat yang memang dibuat dari susu sapi murni.
Untuk harga tidak terlalu mahal. Untuk satu porsi rawon lauk tempe dan minum susu murni hangat hanya sekitar Rp 25.000,00. Sensasi rasanya tidak akan ditemukan di rawon-rawon yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar