Jumat, 18 November 2011

Dua Mata

"Kenapa manusia diciptakan dengan dua mata?" 
Pertanyaan konyol dari HMDN ketika bangun tidur

Sering kita acuh tak acuh dengan segala sesuatu yang menempel pada tubuh kita. Sering kita jarang berefleksi mengenai hakikat keberadaan benda-benda yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Kita menganggap diberikan dua tangan adalah hal yang biasa. Diberikan 1 hidung dengan 2 lubang itu hal biasa. Dan kita dengan mudah mengatakan orang yang terlahir dengan 1 tangan atau 1 hidung dengan 1 lubang adalah orang yang cacat. 
Pertanyaan itu muncul ketika saya bangun tidur pagi ini: Kenapa manusia diciptakan dengan dua mata yang dapat melihat? Karena pikiran masih kosong akibat bangun tidur, kemudian saya mencoba melihat hanya dengan satu mata bergantian. Pertama dengan mata kanan, kedua dengan mata kiri. Saya melihat sudut pandang yang berbeda dan mengalami pengalaman yang berbeda dari kedua mata saya yang dapat melihat ini.
Manusia diciptakan dengan dua buah mata. Satu buah mata dapat membuat Anda melihat sesuatu dengan batas tertentu. Dan dengan dua buah mata, Anda dapat melihat sesuatu menjadi lebih jelas dan lebih luas. Inilah esensinya manusia diciptakan dengan dua buah mata: agar manusia bisa melihat segala sesuatu dengan pandangan yang lebih luas. Begitu juga dalam memandang sebuah permasalahan. Pandanglah permasalahan di depan mata Anda secara lebih luas, karena Anda memiliki dua mata. 
Paham kan esensi dua mata kalian? Bersyukurlah untuk kalian yang hari ini masih mempunyai dua mata. Gunakanlah mata kalian untuk memandang segala sesuatu dengan lebih luas, bahkan dari berbagai sisi. Syukurilah, betapa indahnya dunia ini. Ad Maiorem Dei Gloriam. Amrih Mulyo Dalem Gusti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar