Kamis, 13 Januari 2011

John De Britto College

John De Britto College, sebuah SMA swasta kecil yang terdapat di pinggiran kota Jogja. Lebih tepatnya masuk ke Kabupaten Sleman. Termasuk juga salah satu dari 8 kolese milik tarekat SJ (Serikat Jesus atau sering dikenal sebagai Jesuit). 8 kolese itu adalah Kolese Kanisius (Jakarta), Kolese Gonzaga (Jakarta, lebih dikenal dengan Gonz), Kolese Loyola (Semarang), PIKA (Semarang), Seminari Peter Canisi (Magelang), Kolese De Britto (Jogja), Mikael (Solo), dan Le' Cocq De Armandville (Nabire Papua). Tiap kolese memiliki ciri khas pendidikan yang berbeda.
SMA Kolese De Britto sendiri adalah sekolah homogen. Hanya berisi siswa putra saja. Sekolah homogen merupakan hal yang sangat biasa di Yogya sendiri. Setidaknya ada 4 sekolah homogen di Yogya (Kolese De Britto, Stella duce 1 dan 2, dan Santa Maria (Stama)). Bila ada yang bertanya apa nggak bosen sekolah isinya cowok semua? Inilah jawabannya. Justru tidak bosen sama sekali. Di sekolah ini, justru menjadi sangat terkonsentrasi terhadap pelajaran. sekolah ini berhasil mencetak pribadi-pribadi unggul yang benar-benar dahsyat dalam tindakan dan pemikiran. Apa yang diajarkan, bukan hanya melulu mengenai pelajaran-pelajaran. Berbagai softskill dan tingkah laku banyak disinggung. Pribadi yang kritis pun juga diasah dalam pendidikan di sekolah ini. Mental yang kuat pun langsung dibentuk ketika Inisiasi De Britto dilakukan saat siswa pertama kali masuk sekolah.
Lulusannya pun beragam. Rata-rata sukses dan menggapai sesuai apa yang mereka inginkan. Contohnya adalah Susilo 'Den Baguse' pelawak kawakan dari Jogja. Ada juga dokter Asdi Yudiono, dokter umum kawakan yang saat ini berdinas di RS Panti Rapih Jogja, ada juga Mas Hary yang menjadi pak becak dengan link sampe ke negara-negara di Eropa dengan kemampuan bahasa asing yang dahsyat, dan tentunya masih banyak lagi. Untuk lulusan 2010 pun ternyata juga telah menjadi calon-calon orang sukses. Rata-rata lulusan 2010 masuk ke universitas dan jurusan sesuai yang diharapkan.
Meskipun bukan sekolah yang terkenal macam BPK Penabur ataupun Taruna Nusantara, tapi saya bangga pernah menjadi siswa di SMA Kolese De Britto. Satu motonya, Ad Maiorem Dei Gloriam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar