Jumat, 31 Desember 2010

Refleksi Memaknai 2010

2010 baru saja berlalu, dan kebanyakan yang orang lakukan untuk mengakhiri 2010 mereka adalah salah satunya dengan berpesta pora : kembang api, barbequenan, bakar jagung, berkonvoi keliling kota, bahkan ada yang pesta miras. Namun, semua moment tersebut tidak dapat saya lakukan pada malam tahun baru tersebut. Berada di Ruang Elizbeth 107 RS Panti Rapih Jogja untuk menemani kakak saya menjadi pilihan yang tepat bagi saya untuk berefleksi akhir tahun ini.
Entah mengapa akhir tahun ini diawali dengan hal-hal yang tidak masuk dan terbalut tanda tanya yang besar. Menyambut hari terakhir tahun 2010 saja kepulangan ke Jogja sudah dipersulit. Pukul 22.00 tanggal 30 Desember 2010 sudah berada di Terminal Bungur Asih Surabaya untuk kembali ke Jogja. Tapi ternyata bus yang ditunggu tidak kunjung datang dan jumlah penumpang makin menumpuk, pertanda harus berebut untuk masuk ke dalam bus yang jumlahnya, sebenarnya tidak terbatas, tapi menjadi sangat terbatas malam itu. Pukul 01.15 baru bisa mendapatkan bus yang sesuai melalui kerjasama dengan 2 orang teman. Yang di depan saya, di tengah ada teman saya yang membawa sebungkus besar lontong balap, dan di belakang saya ada teman saya yang berbadan besar yang bertugas menghalangi orang lain yang berdesakan masuk.
Kesialan juga masih terjadi tepat tanggl 31 Desember 2010 dinihari. Kamera saya, Canon A470, dicopet di dalam bus dengan motiv yang sama dengan apa yang pernah saya lihat dulu di bus yang sama dan nopol berbeda. Meskipun bukan kamera yang mahal, tapi dokumen di dalamnya sangat berharga mengingat ada dokumen foto milik bapak saya juga.
Kesialan ini seolah menutup akhir tahun saya. Ini berarti bagi saya bahwa ke depannya saya harus lebih hati-hati dalam menjalani hari. Kemungkinan buruk bisa datang kapan saja, dan estimasi-estimasi mengenai suatu hal lebih diperketat kembali. Memungkinkan juga dalam menghadapi permasalahan tersebut melibatkan partner yang bisa membantu.
Ya, 2011 telah datang. Persiapkan diri lebih matang untuk menghadapi masa depan yang akan datang. Bukan saatnya lagi bermalas-malasan, bukan saatnya lagi bermimpi, raih prestasi hari ini. Selamat tahun baru 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar