Senin, 18 Oktober 2010

GEREJA BAGAIKAN MALL

Itulah 3 kata yang pas untuk menggambarkan gereja Katolik yang ada di Surabaya. Memang jumlah gereja yang ada di sini sangatlah sedikit. Saya baru melihat ada 4 gereja Katolik (Gereja Vincent A Paulo, Gereja Hati Kudus Yesus Katedral, Gereja Kristus Raja, dan Gereja Ngagel). Kesemuanya memiliki arsitektur yang khas, aura yang khas, dan letak yang berjauhan. Sedikit berbeda ketika berkunjung ke Jogja. Dari Monumen Jogja Kembali saja, berjalan ke selatan 200 meter sudah menemukan gereja (Gereja Santo Alfonsus Nandan). Ke selatan lagi 3 km akan menemukan Gereja St Albertus Magnus Jetis. Lebih ke selatan lagi, lalu ke timur sedikit akan menemui Gereja St Antonius Kotabaru. Malioboro ke selatan lagi-lagi ditemui gereja Kidul Lodji. Jika dari sebuah gereja ditarik garis lurus hingga 7 km ke segala arah, maka setidaknya dalam radius tersebut dapat ditemui setidaknya 7 gereja. Namun, arsitek dan aura gereja di Jogja sepertinya biasa-biasa saja, namun kekentalan persaudaraan antar umatnya begitu terasa. Berikut ini adalah ulasan gereja-gereja di Surabaya

Gereja Kristus Raja Tambaksari

Sebuah gereja yang tidak terlalu besar sebenarnya. Dengan arsitektur yang cukup megah dan dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) untuk menambah nyaman para umat yang tengah berdoa. Gereja ini memiliki Pastor dari ordo CM. Misa diadakan setiap hari pukul 05.00 dan sore pukul 18.00. Untuk hari Sabtu, misa mingguan diadakan pukul 17.00. Untuk hari Minggu diadakan 5 kali misa. Pukul 05.00, 07.00, 09.00, 16.00, 18.00. Selain sebuah gereja yang megah, di samping gereja terdapat juga sebuah Goa Maria yang indah dan teduh, serta sebuah toko buku milik gereja yang menjual berbagai perlengkapan doa.

Gereja Ngagel Jaya

Gereja ini adalah gereja paroki yang bisa dikatakan cukup megah. Bangunannya baru dengan arsitektur yang unik namun indah. Gedungnya tidak terlalu besar dan memiliki ciri khas sebagai sebuah gereja milik ordo Projo (Diosesan), ruangan yang besar dan cenderung mengotak. Sama seperti gereja yang lain, gereja ini sudah menggunakan AC. Uniknya, terdapat sebuah rumah makan kelas hotel berbintang di samping gereja yang masih menjadi satu kompleks dengan gereja. Ada juga perpustakaan, toko buku gereja, dan ruang serbaguna. Bagi pecinta ibadat Taize, di gereja ini kadang-kadang diadakan ibadat taize di ruang pertemuan. Untuk misa harian biasa dilakukan pukul 05.15 dan 06.00 dan sore hari pukul 18.00.

Gereja Katedral Hati Kudus Yesus

Sebuah arsitektur yang sangat mewah, megah, dan menawan. Jika dari luar tidak akan nampak. Tapi ketika sudah menilik ke dalam pasti akan terkesima. Merupakan pusat pemerintahan Keuskupan Surabaya. Misa biasanya dipimpin oleh romo Pr, SVD, dan CM (karena memang ketiga ordo itu yang ada di Surabaya). Terdapat toko buku gereja yang tergolong paling lengkap diantara gereja lainnya, terdapat juga rumah makan atau cafe mini. Aura dari gereja ini sangat terasa. Megah dan perkasa seperti Yesus sendiri. Gereja Katedral ini berada di Jl Polisi Istimewa, tepat di samping SMA St Louis, dan berada satu komplek dengan panti romo-romo SVD. Untuk misa harian diadakan pukul 05.15 dan 06.00, serta sore hari pukul 18.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar