Jumat, 17 Juni 2011

Yo Prokonco Dolanan Neng nJobo

Yo Prokonco dolanan nang njobo
Padhang bulan padhange koyo netra
Rembulane mas sing ngawe-awe
Ngelingake ojo turu sore-sore

Sepenggal lagu berjudul Padhang Bulan ini merupakan lagu anak-anak jaman dulu. Lagu ini menjadi hidup dan indah ketika berada di pedesaan. Tiap terjadi bulan purnama, anak-anak biasanya akan keluar rumah untuk bermain bersama teman-teman sebayanya di rumah temannya. Orang tua pun akan berada di luar rumah untuk turut mengawasi anak-anaknya yang sedang bermain. Suasana pun menjadi riuh rendah, suara cempreng anak-anak yang bernyanyi dan bermain mainan tradisional semacam benthik, kelereng, engklik, beteng-betengan, gobak sodor, dhelikan, dan lain sebagainya.
Malam bulan purnama memang malam yang sangat ideal sebagai saat untuk beraktivitas di malam hari. Hawa yang dingin yang memang terjadi setiap bulan mencapai bulat penuh menjadi salah satu alasan untuk beraktivitas di malam hari saat bulan purnama. Bahkan beberapa grup band pun menyisipkan kata-kata 'Bulan Purnama' pada beberapa bait lagunya. Bulan yang bulat yang indah dan mempesona, serta hawa dingin malam yang menggelayut ditemani sinar bulan yang remang-remang menjadikan malam bulan purnama sebagai saat yang indah, dan terkadang menjadi saat yang romantis bagi Anda dan pasangan Anda.
Sungguh menyedihkan ketika malam bulan purnama demikian hanya melalui malam di dalam kamar saja tanpa beraktivitas. Apalagi menikmati malam sembari bermain mainan tradisional, atau menyeruput segelas susu jahe atau teh susu di angkringan terdekat :DD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar