Sabtu, 22 Oktober 2011

Komunikasi

"Kata kuncinya ada pada komunikasi"

Komunikasi, adalah sebuah hal yang sangat kecil, sederhana, dipahami semua orang, dan pasti dilakukan oleh semua orang tiap hari, tiap detik, tiap waktu. Tetapi, satu kata ini sering menjadi suatu batu sandungan yang sangat besar dalam sebuah masalah.
Komunikasi adalah hal yang kecil, sederhana, tapi susah dalam penyelesaiannya. Seperti pisau tajam ibaratnya. Jika digunakan dengan benar, maka untuk memotong daging pun akan sangat mudah. Tapi, ketika disalahgunakan, untuk membunuhpun bisa cepat juga. Permasalahan komunikasi adalah permasalahan paling sering pada sebuah organisasi. Tak hanya organisasi, kehidupan biasa pun tak pernah jauh-jauh dari dunia komunikasi.
Ketahuilah bahwa sesungguhnya segala masalah dapat dicegah hanya dengan komunikasi. Misalnya pada kerja kelompok. Agar kerja bisa berlangsung dengan baik, maka berkomunikasilah dengan anggota kelompok. Segala masalah dapat diselesaikan juga dengan komunikasi. Namun, bedanya dalam penyelesaian masalah butuh komunikasi yang sifatnya lebih intens, dekat, bahkan persuasif, dan yang jelas dengan nada bicara yang tidak tinggi. Masalah dapat muncul juga karena komunikasi. Misalnya ketika ada suatu hal yang harus dilakukan secara berkelompok, namun tidak dilakukan komunikasi sebelumnya. Maka semuanya akan hancur. Seseorang yang terkenal ganas dan sulit ditaklukkan pun akan dengan mudah takluk ketika kita sangat terampil dalam komunikasi. Karena tidak ada hal yang tidak bisa dibicarakan, maka bukan sebuah alasan bahwa komunikasi itu tidak penting.
Berhati-hatilah Anda dengan komunikasi. Suatu hal yang alami, mengalir, dan sangat mudah dijalankan. Tetapi, ketika salah menggunakannya, suatu hal yang fatal bisa terjadi. Selamat menggunakan 'pisau tajam' ini untuk suatu hal yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar